profil pondok baca zakiyyah

Profil Perpustakaan Zakiyyah

Oleh: Ayu Puji Rahayu

  LATAR  BELAKANG

Pondok Baca Zakiyah berdiri empat bulan yang lalu tepatnya 6 agustus 2009. Berawal dari belajar membaca bersama beberapa anak murid saya yang selalu datang di sore hari. Kebetulan  waktu itu ada seorang kawan dari volunteer sosial kesehatan dari alumnus kedokteran UNPAD menawarkan bantuan untuk pengadaan buku-buku untuk membantu mengembangan kemampuan membaca mereka. Sebagai staf pengajar yang sudah empat tahun lebih ditempatkan di kelas satu SD, tantangan terbesar saya adalah sebagian besar dari kelas satu adalah belum bisa membaca dan menulis, dan hal itu memicu saya untuk berbuat lebih di luar jam sekolah. Dan tentunya tawaran itupun disambut gembira, iya memang seperti sebuah pepatah “dimana ada niat disitu ada jalan” dan “Tuhan akan memberikan jalan dari sesuatu yang tidak kita duga”.

TUJUAN

Tujuan dibentuknya Pondok Baca Zakiyah adalah untuk membantu anak agar memiliki kemampuan baca yang lebih baik sehigga mereka bisa berkompetitif dengan teman-temannya di sekolah. Diharapkan juga dengan adanya pondok baca ini bisa menumbuhkan minat baca sedini mungkin, sehingga membantu tercapainya generasi yang memiliki wawasan luas dan pandangan jauh kedepan.

Pola Kegiatan Dan Pengembangannya

Belajar haruslah menjadi sebuah kegiatan yang berkesinambungan atau Belajar Sepanjang Hayat, artinya dari usia dini sampai remaja bahkan tua nanti.

Proses belajar tidak bisa lepas dari membaca yang menjadi kunci terbukanya ilmu pengetehuan. Oleh karena itu saya mecoba mengembangkan pondok baca ini, tidak hanya untuk anak usia SD tapi juga remaja. Diharapakan bisa mengakomodir kebutuhan membaca mereka yang akhirnya bisa memberikan efek positif untuk lingkungannya

Peserta Baca

Peserta baca dikelompokkan menjadi dua kelompok baca , berdasarkan usianya yaitu:

  1. kelompok baca anak (Usia 6-12 tahun ) : waktunya setiap jumat sore
  2. kelompok baca  remaja (Usia 13- 18 tahun) : waktunya setiap hari senin dari jam 2 siang sampai pukul  5 sore.

Jumlah peserta

  1. kelompok baca anak  sekitar 10-15 anak
  2. kelompok baca remaja sekitar 15-20 orang

Metode Pembelajaran

  1. kelompok baca anak

Dibantu dengan beberapa relawan dari peserta baca remaja beserta staf pengurus pondok baca, mereka diklasifikasikan menurut kemampuan membacanya yaitu belum bisa baca, bisa tapi belum lancar dan yang ketiga lancar.

Metode belajarnya adalah:

  • baca sendiri
  • dibacakan
  • diajarkan baca
  • diceritakan
  • menceritakan atau menulis kembali
  • mendengar cerita atau dongeng bersama

2. kelompok baca remaja

Metode belajarnya adalah:

  • baca sendiri sesuai dengan minatnya
  • meresume apa yang dibaca dalam bentuk tulisan
  • lalu ada sesi pemaparan resume didepan peserta baca yang lain
  • dilanjutkan dengan diskusi bersama
  • setengah jam akhir belajar bahasa inggris bareng
  • piket tempat
  • evaluasi pengurus

 

Koleksi Buku

Koleksi buku pondok baca sampai sekarang adalah 180 buku, diantaranya adalah buku bacaan anak, novel, majalah,bacaan umum dan kamus.

Kepengurusan

Pengelola/Penanggungjawab:

Ayu Puji Rahayu

Staf Pengurus:

Wina Febrianti

Nurbaiti

Penutup

Kemajuan pendidikan generasi muda adalah tanggung jawab bersama, karena kita adalah makhluk yang saling membutuhkan satu dengan yang lain. Saya berharap dengan adanya pondok baca ini walaupun kecil bisa membantu proses kemajuan pendidikan khususnya di tempat saya tinggal sehingga mereka bisa menjadi manusia berguna kemanapun dan dimanapun mereka berada, menjadi insan pendorong kemajuan masyarakat madani sesuai dengan cita-cita luhur bangsa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s