Internet dan Profesiku Sebagai Guru

Image

Internet merupakan suatu bentuk perkembangan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Internet menjadi hal yang penting dan begitu akrab dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan internet, misalnya pencarian informasi tak terbatas, fasilitas chat dan email untuk berkomunikasi dan bertukar informasi di seluruh dunia.

Berdasarkan uraian di atas dapat diketahui bahwa internet sangat menunjang dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan yang secara efektif dan efisien sehingga tidak berlebihan bahwa kualitas akademik dan keberhasilan dalam pendidikan di masa mendatang akan sangat tergantung dari teknologi informasi yang digunakan, dengan kata lain teknologi informatika merupakan tulang punggung keberhasilan pendidikan di masa mendatang.

Dalam pembelajaran internet  dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi yang sedang dibahas, sebab dapat menjelaskan konsep yang sulit atau rumit menjadi mudah lebih sederhana, sehingga itu dapat menambah motivasi siswa untuk terus belajar dan memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi prestasi mereka di sekolah.

Namun demikian, peran seorang guru tidak bisa digantikan oleh internet. Tetapi  seorang guru dapat menggunakan media internet untuk memfasilitasi para siswanya. Siswa bisa berkomunikasi dengan guru tanpa dibatasi ruang dan waktu seperti dengan menggunakan facebook, video call, e-mail  dll. Di samping itu, melalui internet para siswa dapat mencari bermacam-macam informasi yang bermakna bagi kehidupannya.

Pembelajaran dengan menggunakan  internet akan berjalan efektif jika peran pengajar dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator pembelajaran atau yang memberikan kemudahan. Pengajar bukan lagi satu-satunya sumber informasi yang disampaikan dengan ceramah menyampaikan fakta, data, atau informasi saja. Pengajar bukan hanya mengajar mentransfer ilmu pengetahuan, akan tetapi juga dapat belajar dari pembelajar. Pengajar bukan instruktur yang memberikan perintah atau mengarahkan kepada pembelajar melainkan menjadi mitra belajar sehingga memungkinkan siswa tidak segan untuk berpendapat, bertanya, bertukar pikiran dengan pengajar.

Peran pembelajar dalam pembelajaran bukan objek yang pasif hanya menerima informasi dari pengajar, namun lebih aktif, kreatif, dn partisipan dalam proses pembelajaran. Pembelajar tidak hanya mengingat fakta-fakta atau mengungkapkan kembali informasi yang diterimanya dari pengajar, namun mampu menghasilkan atau menemukan berbagai informasi dan ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dilakukan pembelajar tidak hanya kegiatan perorangan (individual), namun pembelajaran berkelompok secara kooperatif dengan pembelajar lainnya.

Jadi kesimpulannya peran internet sangat penting untuk profesi saya sebagai guru, karena dengan internet ada perubahan cukup besar dengan cara mengajar, yang tadinya lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan fasilitas buku teks dari sekolah, papan tulis, kapur, dan media seadanya menjadi lebih efektif dan efesien. Menggunkan OHP, komputer, slide dan conect langsung dengan internet memudahkan dan memperkaya pembelajaran yang dilakukan di kelas. Meskipun peran kita sebagai guru tidak bisa digantikan dengan internet, kita wajib membimbing dan memfasilitasi kebutuhan dan kesulitan mereka, sehingga mereka lebih tertarik dengan pembelajaran, sehingga diharapkan hasilnya lebih memuaskan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s