Peran E-book dalam Pembelajaran

Image

Penggunaan media pembelajaran sudah mulai digunakan oleh kalangan masyarakat termasuk pendidik dan peserta didik. E-book menjadi media yang penting dalam pembelajaran. Fungsi dan manfaat E-book sangat dirasakan oleh pengguna seperti pendidik dan peserta didik. Apakah peran E-book sudah dirasakan bagi pendidik dan peserta didik?

E-book menjadi media belajar yang populer selama beberapa tahun ini karena pemerintah secara penuh mendukung penggunaan E-book dalam pembelajaran. E-book berperan penting dalam proses pembelajaran karena memiliki keunggulan. Keunggulan dari E-book bisa dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Adapun kekurangan dari E-book dilihat dari pengguna setiap daerah.

Beberapa fungsi E-book sebagai media belajar yaitu dapat meningkatkan produktivitas belajar. Proses pembelajaran tidak lepas kaitannya dengan sumber belajar yang berupa buku-buku bacaan seperti E-book. E-book juga sebagai referensi yang tidak terbatas, jadi tidak terpaku pada satu sumber belajar.

E-book membantu pendidik dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran. Pendidik repot jika harus membawa banyak buku bacaan dalam bentuk fisiknya yang berat. E-book yang berupa data digital sangat mudah untuk dibawa dalam banyak file, sehingga pendidik tidak kehabisan bahan belajar untuk peserta didik.

E-book dapat mengurangi beban pendidik dalam menyajikan informasi, informasi yang diberikan melalui E-book lebih konkret dan memungkinkan pembelajaran besifat induvidual sebab tidak tergantung pada informasi yang diberikan pendidik, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat dan minatnya, pembelajaran lebih terarah, dapat memberikan pengetahuan langsung hasil dari membaca, memungkinkan pemberian informasi yang lebih luas kepada pesertadidik.

Manfaat E-book jika dilihat dari bentuk fisiknya yang berupa data digital yaitu ukuran fisik kecil karena dapat disimpan dalam penyimpanan data seperti flashdisk dsb. E-book juga tidak lapuk layaknya buku biasa, format digital bertahan sepanjang masa dengan format yang tidak berubah. E-book juga media belajar yang interaktif dalam penyampaian informasi karena dapat ditampilkan ilustrasi multimedia.

E-book memberikan dampak yang luar biasa pada kemajuan teknologi dalam pendidikan. Bagi seorang pendidik sangat terbantu dengan adanya E-book dengan berbagai kemudahannya. Pendidik akan lebih mudah mencari sumber materi pelajaran, menambah referensi sumber belajar. Pendidik tidak perlu beranjak dari tempat satu ketempat lainnya yang membuang waktu dan energi, karena E-book bisa didapatkan dari situs web, hanya perlu duduk dan seaching dengan akses internet. E-book bisa diteriakan sebagai seorang Hero untuk keberhasilan pendidik mengajar karena efisien dan efektif.

Bagi peserta didik E-book juga sangat membantu untuk proses belajar diluar kelas atau dirumah. Peserta didik yang memiliki akses internet di rumah bisa mengunduh E-book dari situs atau bisa juga cari akses internet gratis di area hotspot. Karakteristik peserta didik yang haus akan pengetahuan menjadikan materi yang disampaikan pendidik itu kurang, bisa dianalogikan sayur tanpa garam. E-book berperan sebagai penunjang materi tambahan pengetahuan, E-book menjadi garam dalam sayur. Pengetahuan peserta didik akan lebih kompleks dari pemanfaatan E-book.

E-book dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang diakses dengan softwere adobe reader dsb. E-book sekarang dikembangkan oleh peniliti atau programer dengan campuran berbagai mulitmedia seperti animasi bergambar dan suara. E-book yang secara umum hanya terdiri dari tulisan diintegrasikan dengan audiovisual sehingga lebih interaktif. Pengguna E-book akan lebih tertarik dan dapat dengan mudah memahami isi materi.

Ada kendala besar dalam jalur-jalur lalu-lintas informasi yang kita miliki. Kendala tersebut terkait dengan ketimpangan yang berat antara kondisi di daerah dengan di pusat. Masyarakat kota-kota besar sudah bisa menikmati layanan internet gratis dengan kesempatan akses yang sangat sedikit hambatan. Sementara itu, masyarakat di pinggiran yang secara ekonomis kurang mampu melayani dirinya sendiri karena ketidakmampuan secara ekonomis, dipersulit lagi oleh kondisi layanan informasi yang tidak lancar. Seseorang yang berada di daerah, jika ingin mengakses BSE yang free download, harus mengeluarkan biaya lebih mahal ketimbang membeli buku cetakan. Ketimpangan-ketimpangan sejenis kerap memosisikan masyarakat kecil sebagai korban aneka program yang dirancang secara kurang matang.

Permasalahan hak cipta adalah menjadi poin utama dari kelemahan ini. Karena sifat digitalnya yang sangat mudah untuk di-copy, tentu menjadi permasalahan tersendiri. Selain itu, karena sifat digital itulah sangat rentan terjadi kerusakan, seperti terkena virus atau kerusakan pada file akibat kesalahan pemakaian.

Sisi pemasarannya juga dapat menjadi kelemahan E-book. Jaman yang sudah serba menggunakan komputer, masih banyak juga orang yang belum mempunyai perangkat pengakses E-book atau kalaupun ada, mereka tidak tertarik untuk terus berhadapan dengan perangkat digitalnya untuk membaca E-book.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan keberhasil belajar tidak lepas dari medianya yaitu dalam tulisan ini E-book. Manfaatnya sangat dirasakan bagi pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik sangat terbantu dengan E-book.

Satu lagi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk membantu terjangkaunya E-book dari masyarakat desa sampai kota. E-book diharapkan tidak terpusat hanya pada daerah kota, tetapi menyeluruh untuk pengguna baik pendidik dan peserta didik di desa maupun kota.

Sumber:

http://media.kompasiana.com/buku/2013/05/28/peran-e-book-sebagai-alternatif-media-pembelajaran-dari-mahalnya-buku-b–561143.html 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s