Ikhtisar Buku

IKHTISAR

Judul buku      : Mengarang? …ah, Gampang

                        Langkah-langkah mudah menulis cerpen, novel dan skenario

Tahun              : 2008(cetakan kedua)

Penulis             : Langit Kresna Hariadi

Penerbit           : PT Puri Pustaka

 

Buku ini memaparkan bagaimana seseorang jika ingin menjadi seorang penulis/pengarang. Menjadi pengarang tidak jauh dari kegiatan tulis menulis, tetapi tidak sesederhana itu karena menjadi seorang pengarang harus mampu berpikir dengan cara pengarang. Seseorang yang memiliki bakat berbicara belum tentu dia mahir dalam menulis. Seringkali dia menemui kemandekan dalam menemukan ide gagasan. Untuk menembus kebuntuan yang dialaminya yaitu dengan berfikir sederhana bahwa menulis sebenarnya hanya memindahkan apa yang diucapkan, dan mengarang diawali dengan menuangkan apa yang dirasakan. Hasil dari menulis mungkin berupa catatan dan hasil dari mengarang bakal tumbuh dan hidup roh di catatan itu. Jangan percaya mitos mengarang perlu bakat. Bobot sebuah karangan berhubungan dengan pengulangan-pengulangan. Persoalannya berpulang pada niat dan kesungguhan untuk menekuninya dengan serius. Makin sering Anda menulis, maka tulisan Anda makin bernyawa.

Hanya sedikit waktu tidak masalah, tetapi lebih bagus jika memang tersedia cukup waktu untuk kegiatan menulis. Bayangkan jika Anda mampu menulis sepuluh halaman dalam sehari maka berapa ratus yang akan Anda peroleh dalam 20 hari? Mungkin Anda sudah bisa membuat sebuah novel. Mengarang artinya juga menceritakan sisi emosi ceritanya. Jadi sisakan waktu untuk menulis secara disiplin agar tidak kehilangan kesinambungan emosi. Berhenti sampai beberapa hari kemudian melanjutkan kembali akan menyebabkan Anda perlu menghidupkan kembali jiwa dari tulisan itu. Anda terpaksa membaca ulang sampai tuntas untuk dapat mengenali kembali rohnya. Perlu Anda ketahui bahan tulisan itu berlimpah ruah. Bisa berupa pengetahuan dan imajinasi yang mengeram di otak, apa yang kita rasakan, kegelisahan yang menyeruak, kesedihan dan duka lara yang mengharu biru, tinggal menuangkan melalui pena atau keyboard. Agar tidak menyusahkan editor gunakan MS Word atau Page Maker dengan spasi 1,5.

Proses kreasi atas sebuah karangan pada dasarnya adalah bagaimana cara pengarang memandang berbagai peristiwa, fakta dan realitas lalu mengolahnya melalui imajinasi menjadi sebuah karangan. Sebuah karangan pada dasarnya adalah bagaimana pengarang dalam proses kreatifnya melihat berbagai peristiwa, realitas, atau fakta diolah (dirangkai) menjadi suatu rangkaian cerita sehingga karya-karya baru dapat lahir. Dengan berimajinasi Anda benar-benar mempunyai peluang mengarang yang sangat luas. Untuk memahami secara mudah mengenai berimajinasi, cobalah membayangkan sesuatu menimpa Anda dan hayati sampai mendalam. Reaksi Anda terhadap sesuatu yang menimpa Anda itu pindahkan ke dalam bentuk tulisan.

Dalam mengarang memang Anda tidak perlu repot-repot menentukan tema lebih dulu. Lakukan terbalik dengan cara memperoleh ide dulu. Ketika ide sudah didapat, dapat menggolongkan ke dalam suatu tema. Untuk memperoleh ide atau gagasan dapat melalui berimajinasi. Jangan percaya terhadap ilham, apalagi menunggu kedatangannya. Itu hanya akan membuang waktu sia-sia. Ide atau gagasan pun dapat diperoleh dari realitas hidup Anda sendiri atau realitas di sekitar Anda.

Setelah ide tulisan Anda peroleh langkah selanjutnya adalah persiapan. Jangan kaget jika dalam menulis cerita tidaklah semulus mobil yang melewati jalan tol, seperti menghadirkan sebuah nama baru maka sebelumnya Anda harus menyiapkan daftar nama-nama tokoh sesuai dengan jalan cerita yang diambil. Hambatan lain yang sering muncul ketika Anda sedang ditengah cerita, tiba-tiba Anda mandek dan tidak tahu apa yang harus dilakukan atau akan membawa alur cerita ke mana. Pada saat demikian Anda merasa kehabisan stok gagasan. Maka cobalah kenali apa yang Anda rasakan, adakah itu diakibatkan oleh kesegaran pikiran yang menurun? Jika ya maka istirahatlah dan matikan komputer. Tapi jika diakibatkan oleh kelelahan tubuh maka justru sangat fres untuk menulis.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s