Silabus dan Kontrak Belajar

SILABUS PERKULIAHAN

 

Kode Mata Kuliah
Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Bobot SKS 2 SKS
Jurusan/Prodi -/-
Semester Ganjil
Dosen Ayu Puji Rahayu, M. Pd. / ayupujirahayu060702@yahoo.com

Blog:   ayupujirahayu.wordpress.com

Standar Kompetensi Sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
Kompetensi Dasar Mengetahui Kontrak Perkuliahan, Sejarah perkembangan dan kedudukan bahasa Indoensia; Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan dalam menulis karya ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah).
Indikator 1.     Memiliki kemampuan memahami kedudukan dan ragam bahasa Indonesia.

2.     Memiliki keterampilan dalam menulis dan berbicara menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

3.     Memiliki pemahaman tentang cara menulis karya ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah bahasa Indonesia ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang sejarah perkembangan bahasa Indoensia, Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa dan Karakteristiknya, Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia, Kalimat Efektif, Diksi (Pilihan Kata), Persentasi Ilmiah dan Pidato, Penalaran, Jenis tulisan dan Kerangka Karangan, Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi dan Artikel/Jurnal Ilmiah), Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka, Etika Karya Ilmiah, Resensi dan Ringkasan.
Materi Pokok Perkuliahan 1.    Pengantar; Orientasi Umum Perkuliahan dan Kontrak Studi

2.    Mengidentifikasi Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia dan Kedudukan Bahasa Indonesia

3.    Menuliskan Ragam Bahasa dan Karakteristiknya

4.    Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca Bahasa Indonesia

5.    Menulis kalimat efektif

6.    Menggunakan diksi atau pilihan kata

7.    Mengetahui Persentasi Ilmiah dan Pidato

8.     UTS

9.     Menganalisis penalaran

10.  Menyusun kerangka karangan dan Menyususn karya ilmiah

11.  Menggunakan Kutipan, Catatan Kaki, Daftar Pustaka

12.  Mengetahui Etika Karya Ilmiah

13.  Membuat Resensi dan Ringkasan

14.  Kesimpulan dan Refleksi Perkuliahan

15.  UAS

Metode Pembelajaran Student Centerd and Andragogi Aproach
Penilaian Penilaian diperoleh dari aspek-aspek:

1. Terstruktur (TST)

2. Mandiri (MDR)

3. Ujian Tengah Semester (UTS)

4. Ujian Akhir Semester (UAS)

Referensi 1.     Arifin, E. Zainal. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Persindo. 2009

2.     Gani, A. Ramlan. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2011

3.     Alwi, Hasan. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2000

4.     Sabarti, Akhadiat dkk. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga. 1988.

5.     Tarigan, Djago. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. : UT. 2000.

6.    Keraf, Gorys.1993. Komposisi. Jakarta : Nusa Indah

7.     Setiawan Djuharie, Otong. 2001. Panduan Membuat Karya Tulis.   Yrama Wydia.

8.     Surya. 2014. Membuat Karya Tulis Ilmiah. Mitra Surya

9.     Buku lain yang relevan.

 Peraturan Perkuliahan

  1. Mahasiswa hadir dalam perkuliahan tatap muka dan mengikuti perkuliahan secara aktif (partisipatif).
  2. Dosen dan Mahasiswa tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
  3. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
  4. Selama perkuliahan berlangsung, HP dalam posisi off atau silent.
  5. Mengajukan izin (angkat tangan) jika ingin bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
  6. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/kerusakan dalam kelas.
  7. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

Penilaian

  1. Kehadiran
  2. Performance individu
  3. Penilaian tugas dan presentasi kelompok
  4. Penilaian tugas individu
  5. Penilaian UTS
  6. Penilaian UAS

Evaluasi Yang Direncanakan

Tugas Individu:

  1. Membaca, menganalisis serta membuat resume topik-topik bahasan bahasa Indonesia pada setiap pertemuan, dikirim melalui email paling lambat sehari setelah perkuliahan berlangsung, pukul 18.00 (6.00 sore/pm).
  2. Membuat sebuah resensi sebuah buku yang disertai foto buku yang dipilih dan diserahkan empat hari setelah UTS.
  3. Menulis sebuah karya ilmiah berupa makalah dengan tema “ Perkembangan Ragam Bahasa Indonesia Saat Ini” dengan menggunakan kerangka karangan yang benar, pilihan kata yang baik/formal serta memperhatikan ejaan yang disempurnakan, menggunakan sistematika penulisan makalah dan diserahkan empat hari setalah UAS.

Tugas Kelompok:

  1. Membuat makalah. Isinya mencakup daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, uraian inti, kesimpulan, saran, dan daftar pustaka. Min 20 hal.
  2. Membuat bahan presentasi (power point)
  3. Makalah dan bahan presentasi dikirim melalui e-mail satu hari sebelum tampil, paling lambat pukul 06.00 pagi/am.
  4. Jika ada film/video pendukung dipersilahkan (optional).
  5. Gunakan buku-buku di bawah sebagai rujukan. Jika ada buku lain yang setara boleh digunakan sebagai rujukan tambahan.

Mengetahui,

Ketua Jurusan/Prodi

——————————

Bandung,   Oktober 2015

Dosen Pengampu Mata Kuliah

Ayu Puji Rahayu, M. Pd.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s